10. Kehidupan Berasal Dari Luar Angkasa


     Salah satu masalah dari sanggahan Harun Yahya terhadap teori evolusi adalah, bahwa dia terus menerus gagal membedakan antara teori evolusi (asal keanekaragaman makhluk hidup) dengan teori abiogenesis (asal kehidupan dari materi organis tidak hidup).

     Apakah bahan dasar kehidupan ada di luar angkasa? Menurut hasil penelitian ilmuwan NASA, bahan kimia organis yang memegang peran kursial dalam kimia kehidupan itu memang banyak terdapat di angkasa. Penelitian terhadap meteorit, khususnya meteorit Murchison, menunjukkan kandungan asam amino umum seperti glisina, alanina dan asam glutamik. Dan simulasi tumbukan menunjukkan molekul organis bisa selamat dari tumbukan dan menjadi benih kehidupan di bumi. jadi tak menutup kemungkinan jika sebagian materi organis pembentuk kehidupan berasal dari laur angkasa, dan dibawa ke bumi oleh meteorit.


     Big bang sendiri bukanlah suatu ledakan dalam pengertian umum. Banyak orang salah menafsirkan big bang sebagai penghamburan materi pembentuk bintang-bintang dan planet ke ruang kosong. Big bang adalah pengembangan ruang-waktu, ruanglah yang mengembang sehingga benda-benda langit (dalam hal ini galaksi) menjauh satu sama lain - khususnya jika mereka berada pada kluster yang berbeda. Dan penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur berat tidak terbentuk sejak awal alam semesta, namun terbentuk melalui proses supernova dari bintang-bintang yang lebih tua.

     Dan klaim bahwa tidak pernah ditemukan peradaban di luar angkasa selain bumi, adalah hal yang lebih konyol lagi. Teknologi kita saat ini amat terbatas. Jangan kata menemukan peradaban, meneliti exoplanet (planet di luar sistem tata surya kita) pun kita masih kesulitan. Dan kita bahkan belum pernah mengirim wahana apapun ke bintang terdekat. Terlalu dini mengklaim bahwa tidak ada peradaban di luar sana!

     Sementara Harun Yahya tidak pernah memberikan bukti ilmiah dari 'rancangan cerdas', apa yang dilakukannya hanyalah berusaha menjatuhkan teori dan pandangan lain, seakan dengan demikian teori dan pandangannya otomatis menjadi benar. Padahal tidak ada satu bidang sains pun yang akan mendukung 'kehidupan kompleks muncul secara langsung dalam wujudnya saat ini'.

Pranala
Exploring Space - Meteorites & Life
Scientific American - Meteorite That Fell in 1969 Still Revealing Secrets of the Early Solar System
BBC News - Comets could have seeded life on Earth
The Astrophysics & Astrochemistry Laboratory
NASA - Supernovae

No comments:

Post a Comment