18. DNA dan Evolusi


DNA
     DNA (deoxyribonucleic acid/asam deoksiribonukleat) adalah adalah biomolekul penting untuk hampir semua makhluk hidup. Dimana hampir semua sel dalam tubuh makhluk hidup mengandung dna yang sama. Sebagian besar data DNA tersimpan di nukleus sel, dan sisanya pada mitokondria (disebut mitokondria DNA)

     DNA menyimpan cetak biru bagi aktivitas sel, yang mana kodenya terbentuk oleh 4 basis kimia: Adenina (A), Guanina (G), Sitosina (C) dan Timina (T). Tidak semua organisme memiliki DNA, dimana sebagian virus, termasuk HIV adalah retrovirus, mereka tidak memiliki DNA melainkan RNA. Ini menunjukkan bahwa RNA adalah versi lebih sederhana dari DNA dan kemungkinan merupakan pendahulu DNA.

     Manusia memiliki 3 juta basis DNA, dimana kemiripan DNA antar manusia berkisar 99 persen (bergantung pada metode pengukuran dan apa yang diperbandingkan, nilai kemiripan ini akan berbeda). Kompleksitas DNA sama sekali tak bertentangan dengan teori evolusi. Sebaliknya, DNA adalah salah satu kunci untuk menjelaskan bagaimana evolusi terjadi. Dimana evolusi terjadi karena mutasi pada DNA.

     Berbagai makhluk hidup yang ada memiliki master gen yang sama. Ilmuwan telah melakukan penelitian, dimana mereka mengambil gen mata tikus dan menetapkannya pada lalat, yang tumbuh adalah mata lalat, bukan mata tikus - meski tikus dan lalat memiliki prinsip kerja berbeda. Lebih jauh lagi, dengan membandingkan gen dari beragam makhluk hidup yang ada saat ini, ilmuwan telah melacak moyang universal makhluk hidup yang ada saat ini, yang dikenal sebagai LUCA (Last Universal Common Ancestor) atau LUA (Last Universal Ancestor).

     Makhluk hidup dengan genome terpanjang di dunia saat ini adalah Polychaos dubium, dengan 670 milyar pasang basis DNA, lebih dari 200 kali manusia, dan tak diragukan, sebagian besar darinya adalah 'junk dna'. Jika makhluk hidup diciptakan secara langsung secara sempurna, untuk DNA sepanjang itu bagi makhluk hidup sederhana?

Pranala
Discover Magazine - DNA Agrees With All the Other Science: Darwin Was Right News Medical - DNA Fraction of Junk DNA
GNN - Sizing up genomes: Amoeba is king

2 comments:

  1. oke.... diatas dijelaskan bahwa dna kemungkinan berasal dari RNA, namun, kenapa tidak dijelaskan bagaimana RNA pertama muncul? why? karena RNA juga merupakan data dan informasi makhluk hidup dan termasuk materi genetik, yang menjadi pertanyaan saya bagaimana 'data' ini bisa terbentuk, dari tidak ada , menjadi ada?'
    oke, anggplah teori mutasi benar, namun mutasi itu perubahan, penambahan atau pengurangan materi genetik, teori mutasi tidak bisa menjelaskan awal terbentuknya 'data' yng saya maksutkan diatas.
    begitupun masalah junk DNA, kelebihan DNA tidak menjelaskan bagaimana data DNA makhluk hidup pertama terbentuk,
    misal, jika kita membuka data rancangan mobil, lalu didalamnya terdapat cerpen yng tidak berguna bagi pembuatab mobil,,, lantas bukan berarti data rancangan mobil dan cerpen itu terbentuk secara random tanpa perancang dan penulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasan evolusi dan abiogenesis adalah dua konteks berbeda, di sini cuma sedikit menyinghungnya.

      Jika di mobil ada terlalu banyak komponen tak berkaitan dan tsk ada guna, kamu akan bilang itu mobil yg dirancang sempurna?

      Delete